Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Dengan Mudah dan Aman

Posted on

Sadar atau tidak, gaya hidup yang kita pilih serta makanan yang kita konsumsi itu bisa mempengaruhi sistem pencernaan kita loh. Itulah kenapa orang – orang ada yang sangat sehat dan ada pula yang sakit ringan hingga sakit berat. Banyak juga orang yang mengalami gangguan pencernaan mulai dari sakit perut, mulas, mual, sembelit, maupun diare. Kalau terjadi sesekali, maka masalah pada sistem pencernaan itu bisa jadi wajar terjadi salah satunya karena penerapan pola makan yang salah. Tetapi, saat gejala ini sering terjadi, lebih baik segera di tanggulangi agar tak memberikan dampak yang terlalu serius. Nah, lalu bagaimana sih cara menjaga kesehatan pencernaan kita? Yuk simak di bawah ini.

1.Minum Air Cukup

Minum Air Cukup

Asupan air yang rendah merupakan penyebab umum dari sembelit. Biasanya, kita diharuskan minum 50 – 66 ons atau 1,2 – 2 liter cairan non kafein per harinya agar mencegah sembelit. Tetapi, kalian mungkin harus minum lebih banyak kalau hidup di iklim yang panas atau kalau kalian rutin olahraga dengan intensitas yang berat.

2.Konsumsi Makanan Utuh Tanpa Proses

Konsumsi Makanan Utuh Tanpa Proses

Pola makan yang tinggi karbohidrat olahan, lemak jenuh, serta bahan tambahan makanan memang sudah dikaitkan dengan peningkatan risiko pengembangan gangguan pencernaan. Misalnya seperti konsumsi makanan olahan yang memiliki kandungan lemak trans terbukti bukan Cuma mengganggu kesehatan jantung namun juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kolitis ulserativa dan juga penyakit radang usus. Makanan olahan juga sebenarnya bisa menyebabkan masalah pencernaan loh.

3.Makan Lemak Sehat

Makan Lemak Sehat

Pencernaan yang baik mungkin saja akan butuh makan cukup lemak yang sehat, lemak sehat ini bisa membantu kita jadi merasa lebih kenyang sesudah makan serta sering membutuhkan lemak sehat agar bisa menyerap nutrisi dengan tepat. Penelitian pun menunjukkan kalau asam lemak omega 3 bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit radang usus.

4.Kelola Stress

Kelola Stress

Stress juga bisa mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan manusia. Kondisi ini juga seringkali menyebabkan maag, sembelit, diare, dan lain – lain. Karena, biasanya hormon stress bisa secara langsung memberikan pengaruh pada sistem pencernaan. Selama stress, darah serta energi juga bisa dialihkan dari sistem pencernaan itu.

5.Konsumsi Serat

Konsumsi Serat

Serat memang punya manfaat untuk sistem pencernaan yang baik. Diet yang tinggi serat bisa mendorong BAB dengan teratur serta bisa melindungi sistem pencernaan dari berbagai gangguan. Ada 3 jenis serat yang biasanya dimanfaatkan seperti serat larut, serat tak larut, sampai prebiotik. Serat larut adalah serat yang bisa larut di dalam air. Serat larut adalah jenis serat yang banyak ditemukan dalam serelia seperti barlet dan oat.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Semoga bermanfaat.

Related Posts