Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Vaksinasi Covid – 19?

Posted on

Vaksin Covid – 19 belakangan ini sudah mulai banyak dibagikan dan disebarkan, terutama untuk mereka yang memiliki risiko tinggi untuk terpapar.

Vaksin ini bertujuan untuk mengurangi risiko infeksi virus corona yang bisa menimbulkan gejala penyakit.

Tak beda jauh dengan vaksin lainnya, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan setelah mendapatkan vaksin.

Setelah disuntik vaksin, akan sangat mungkin bermunculan sejumlah efek samping, dan tiap orang bisa merasakan gejala yang berbeda-beda.

Namun biasanya, efek samping yang sering muncul adalah nyeri dan bengkak di lengan, demam ringan, menggigil, sakit kepala, serta mudah merasa lelah.

Untungnya, efek samping ini bisa hilang dalam beberapa hari, tapi tetap saja ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lalu, hal apa saja sih yang perlu diperhatikan? Yuk simak di bawah.

1.Efek Samping dan Cara Meredakannya

Efek Samping dan Cara Meredakannya

Berbagai jenis vaksin, termasuk vaksin COVID-19, dapat menimbulkan beberapa efek samping ringan berikut ini:

  • Nyeri dan bengkak di lokasi suntikan
  • Demam
  • Menggigil
  • Lelah atau tidak enak badan
  • Sakit kepala

Walau sangat jarang terjadi, vaksin kadang bisa menimbulkan efek samping berbahaya, seperti reaksi alergi, sesak napas, dan anafilaksis.

Oleh karena itu, setelah mendapatkan vaksin COVID-19, kalian akan diminta untuk tidak meninggalkan fasilitas kesehatan di mana kalian menerima vaksin selama kurang lebih 30 menit. Tujuannya adalah agar dokter bisa memastikan kalian tidak mengalami efek samping tersebut.

Untuk meredakan nyeri atau efek samping vaksin COVID-19 yang dirasa mengganggu, kalian disarankan untuk beristirahat yang cukup, memberi kompres dingin pada area suntikan, dan lebih sering menggerakkan lengan yang disuntik.

Kalian juga bisa menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol, untuk mengurangi nyeri. Namun, sebelum menggunakan obat tersebut, kalian sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2.Terapkan Protokol Kesehatan dan Siapkan Diri Untuk Vaksin Kedua

Terapkan Protokol Kesehatan dan Siapkan Diri Untuk Vaksin Kedua

Meski sudah mendapat vaksin COVID-19, bukan berarti kalian sepenuhnya terhindar dari infeksi virus Corona.

Orang yang sudah divaksin COVID-19 tetap bisa terkena penyakit ini, bahkan menularkannya kepada orang lain. Oleh karena itu, tetaplah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19, seperti:

  • Mengenakan masker saat berada di luar rumah
  • Menjaga jarak minimal 1,5–2 meter dari orang lain
  • Mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik atau menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%
  • Beristirahat di rumah ketika merasa tidak enak badan

Vaksin COVID-19 harus diberikan dalam 2 dosis agar bisa menghasilkan reaksi imunitas yang optimal terhadap virus Corona.

Jadwal pemberian vaksin COVID-19 kedua adalah 2 minggu setelah pemberian vaksin COVID-19 dosis pertama.

3.Mendapatkan vaksinasi untuk penyakit lain setelah vaksinasi COVID-19

Mendapatkan vaksinasi untuk penyakit lain setelah vaksinasi COVID-19

Setelah mendapatkan vaksinasi COVID-19, kalian sebaiknya menunda pemberian vaksin untuk penyakit lain, seperti vaksin flu dan vaksin hepatitis B. Jarak waktu penundaan vaksinasi untuk penyakit lain setelah mendapatkan vaksinasi COVID-19 adalah sekitar 2–4minggu.

Untuk menentukan jadwal pemberian vaksin COVID-19 dan vaksin lainnya, kalian bisa berkonsultasi dengan dokter.

Setelah mendapatkan vaksin COVID-19, hasil rapid test antigen dan antibodi COVID-19 kalian mungkin bisa menunjukkan hasil reaktif, tetapi jangan panik. Ini bisa jadi disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap vaksin.

Untuk memastikan apakah hal tersebut merupakan reaksi terhadap vaksin atau memang karena COVID-19, kalian dapat berkonsultasi ke dokter. Bila perlu, dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan PCR untuk memastikan diagnosis COVID-19.

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan sebelum dan setelah vaksinasi COVID-19. Secara umum, vaksin COVID-19 yang kini disediakan pemerintah cukup aman dan efektif untuk mencegah infeksi virus Corona.

Namun, apabila setelah divaksin kalian mengalami keluhan tertentu, seperti sesak napas, sakit kepala berat, wajah dan tenggorokan bengkak, muncul ruam kemerahan di kulit, atau jantung terasa berdebar, segera periksakan diri ke dokter dokter untuk mendapatkan penanganan.

Nah, itulah beberapa tips yang harus kalian lakkan setelah kalian melakukan vaksinasi Covid – 19. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat ya!

Similar Posts